Menu sehat bagi anak saat berusia berkisar 2 tahun, maka pertumbuhannya tidak akan secepat seperti ia masih bayi. Akan tetapi anak akan lebih aktif dalam hal berjalan, berlari, bahkan sampai melompat.

Untuk itu anak akan sangat membutuhkan energi serta nutrisi yang lebih banyak dibandingkan ketika anak berusia sebelumnya, dan untuk memenuhi semua kebutuhan tumbuh kembang anak dalam beraktivitas sehari-hari.

menu sehat untuk anak
Menu sehat untuk anak

Maka perlu kita cukupi akan kebutuhan makanan tersebut, menu sehat untuk anak yang sudah berumur 2 tahun hampir sama dengan orang dewasa, akan tetapi sebaiknya harus terdiri dari asupan makanan yang menyehatkan dan bergizi.

Menu sehat untuk anak yang variatif, pada umumnya anak-anak akan memakan makanan yang diberikan oleh orang tua. Agar anak tidak mudah bosan dengan makanan yang setiap hari diberikan oleh orang tua, sangat penting orang tua untuk menyusun menu sehat secara variatif dan kombinasi setiap hari.

Oleh sebab itu makanan perlu direncanakan dengan baik dan melihat kandungan nutrisi untuk kebutuhan anak kita dengan umur yang sesuai.

Usahakanlah memberikan makanan dengan komposisi bahan yang seimbang dan bernutrisi, karbohidrat, protein, dan lemak yang berasal dari berbagai sumber-sumber makanan daging, susu, dan jenis makanan dari kacang-kacangan serta sayuran dan buah bisa divariasikan dalam menu sehat untuk anak sehari-hari.

Berikanlah sesuai porsi anak dengan frekuensi yang lebih sering dari seperti biasanya, bisa 7-8 kali sehari dan tergantung kemauan dari si anak tersebut. Jadwal untuk makan pagi – siang dan malam pun harus dengan komposisi makanan yang seimbang.

Minuman dan sayuran yang bergizi harus sesuai dengan kebutuhan dan porsi anak. Pada umumnya ketika anak berusia 2 tahun sudah bisa mengunyah sumber makanan dengan tekstur yang lembut, sajikanlah menu sehat untuk anak tersebut dalam keadaan yang sudah dipotong kecil-kecil agar memudahkan anak untuk memakannya. 

Jumlah gizi yang dibutuhkan untuk anak yang berusia 2 tahun, kurang lebih sebagai berikut:

  1. Energi: 100 kalori per kilogram berat badannya
  2. Protein: 1,5 gr per kilogram berat badannya
  3. Zat besi: 8 mg per hari
  4. Seng: 17 µg per hari
  5. Kalsium: 350 mg per hari
  6. Cairan: 1-1,5 liter

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan, dan untuk memastikan anak tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil.