Bosan dengan cemilan itu-itu saja, apa salahnya kalau kita membuat aneka Resep Cemilan Praktis yang manis, lezat dan juga membuatnya pun tidak sulit, semua orang bisa membaut nya karena bahan-bahan yang di gunakan nya pun sangat mudah kita dapatkan.

Resep kali ini kita akan membuat kue leker, mungkin sebagian orang agak asing mendengar kue yang satu ini, tahukah Anda kalau kue leker ini makanan khas dari Indonesia, makanan ini muncul ketika jaman penjajahan Belanja.

Leker sendiri serapan dari bahasa Belanda, orang Belanda menyebutnya “lekker” yang artinya lezat, tak heran kalau kue yang satu ini rasanya lezat dan bisa bernostalgia ke jaman dulu.

  1. Kita siapkan saja bahan-bahannya:
  • 100 gram tepung terigu
  • ½ sdt garam halus
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sdm gula pasir, Anda bisa menggunakan Gulaku dan manisnya bisa sesuai selera, harga Gulaku yang sangat terjangkau sekitar 10 ribu, 12 ribu, 15 ribu, cocok untuk membuat aneka minuman dan makanan manis.
  • ¼ sdt vanili bubuk
  • Air matang secukupnya

Kue ini memiliki isian, Anda bisa menambahkan isian kue ini sesuai selera, Anda bisa menggunakan pisang raja, keju, susu kental manis, atau meises coklat, selai stroberi dan lainnya.

Resep Cemilan Praktis

Resep Cemilan Praktis

2. Cara membuatnya:

  1. Siapkan mangkuk atau wadah yang cukup besar, ayak tepung terigu kedalam wadah, sisihkan. Pada wadah lain, kocok telur ayam sampai mengembang dan sedikit berbusa, masukan garam, vanili, dan air kedalam kocokan telur tersebut. Aduk sampai semua bahan tercampur.
  2. Masukan kocokan telur terebut kedalam ayakan tepung tadi, aduk sampai merata, diamkan adonan leker kurang lebih 15 menit, tujuannya supaya adonan mengembang dengan sempurna.
  3. Siapkan teflon, berikan sedikit mentega menggunakan api kecil, masukan adonan secukupnya secara tipis kedalam teflon tersebut dan ratakan hingga membentuk bulat sampaike permukaan teflon
  4. Jangan terlalu lama, angkat dan lakukan sampai adonan habis.
  5. Tuangkan diatas piring saji, masukan toping sesuai selera, lipat menjadi 2 bagian dan kue leker siap disantap.

Itulah cara memuat kue leker yang lezat, jangan lupa bagikan Resep Cemilan Praktis ini ke media sosial agar resep makanan tradisional Indonesia bisa dikenal banyak orang.

Kategori: Makanan