Indonesia memang negara yang memiliki berbagai macam jajanan tradisional yang unik, enak, dan lezat untuk dikonsumsi untuk anak-anak maupun orang dewasa. Jajanan anak tradisional pun ada banyak sekali macamnya, seperti telur gulung, kue cubit, cilok, siomay, dan masih banyak lagi. Namun, dengan masuknya banyak makanan dari luar negeri ke Indonesia. Jajanan tradisional asli Indonesia seakan sudah tergeser dari incaran para masyarakat. Padahal jajanan khas asli dari Indonesia memiliki cita rasa yang unik dan enak, serta murah untuk dinikmati semua kalangan. Salah satu jajanan masa kecil yang sudah mulai langka adalah leker. Pasti Anda sudah pernah mendengar jajanan tradisional masa kecil ini bukan?

Resep Terkait : Mau Membuat Sendiri Jajanan Anak Paling Hits? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini!

Siapa yang tahu jajanan masa kecil yang satu ini? Leker merupakan salah satu jajanan anak di masa kecil yang membuat kita tidak bisa move on atau berhenti memakannya sampai besar kini. Rasa leker yang merupakan menjadi jajanan anak sekolah yang telah menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Tidak anak kecil saja yang menyukai makanan yang satu ini, bahkan orang dewasa pun ikut serta menyukai makanan yang satu ini. Sebenarnya jajanan masa kecil ini sangatlah sederhana, hanya terbuat dari tepung terigu yang di masak dengan wajan khusus sehingga menghasilkan bentuk yang melingkar dan terdapat bervariasi isi di dalamnya seperti pisang, meses, keju, dan masih banyak lagi. Biasanya jajanan leker ini memiliki rasa yang krispi dan renyah, namun ada juga leker basah yang rasanya bervariasi.

Bahan Bahan Kue Leker

Jajanan anak leker ini biasanya dijual di depan sekolah-sekolah dasar, karena memang pada dasarnya leker merupakan jajanan masa kecil untuk anak-anak. Namun, sampai saat ini sudah banyak orang dewasa yang juga menyukai jajanan tradisional ini. Bagaimana cara membuat dan bahan-bahannya? Nah, untuk membuat jajanan tradisional leker, Anda harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan untuk membuat kue leker adalah sebagai berikut :

  • Bahan Utama: 200 gram tepung terigu, 2 sendok makan gula pasir, garam secukupnya, 2 butir telur ayam, vanili secukupnya, mentega dan air secukupnya.
  • Bahan Isian: Irisan pisang raja atau lainnya, susu kental manis rasa cokelat, meses cokelat atau warna warni, keju, dan kacang yang sudah dihaluskan.

Cara Membuat Kue Leker

Setelah sudah mengetahui bahan-bahan dari kue leker, sekarang Anda bisa mencoba membuat jajanan anak ini di rumah. Cara membuatnya yaitu :

  • Yang pertama, mengayak tepung terigu di wadah besar.
  • Kemudian, kocok telur ayam diwadah lainnya, lalu masukan kedalam wadah tepung yang sudah diayak.
  • Tambahkan garam, gula pasir, vanili, dan air secukupnya sambil diaduk sampai merata.
  • Diamkan adonan yang sudah dicampur rata selama kurang lebih 20 menit.
  • Siapkan wajan khusus berbentuk pipih, panaskan wajan dengan api kecil dan menambahkan sedikit mentega di wajan sebagai pelumas.
  • Tuangkan adonan sebanyak satu sendok sayur ke dalam wajan yang sudah dipanaskan.
  • Buatlah seperti dadar yang tipis, tunggu hingga adonan mengering.
  • Masukkan semua bahan isian ke dalam adonan yang telah didadar.
  • Tunggu beberapa detik lalu bentuk adonan menjadi setengah lingkaran. Angkat leker dan siap dihidangkan.

Nah, demikian resep untuk membuat leker sebagai jajanan anak tradisional di atas. Sebagai generasi anak bangsa, kita tentunya harus mencintai makanan khas Indonesia, salah satunya adalah leker. Jangan lupa untuk menggunakan mentega Blueband di dalam proses pembuatan leker untuk menambahkan cita rasa yang lebih nikmat dan lebih lembut. Untuk Anda yang ingin mencoba resep di atas, selamat mencobanya.

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

Kategori: Makanan