Kue Kukus Untuk Ibu Yang Tidak Memiliki Oven

0
398
Kue Kukus Untuk Ibu Yang Tidak Memiliki Oven
Kue Kukus Untuk Ibu Yang Tidak Memiliki Oven

Menyambut datangnya lebaran biasanya para ibu sudah bersiap-siap untuk membuat berbagai sajian khas istimewa. Dari mulai minuman segar, makanan besar hingga cemilan ringan yang dibuat untuk memeriahkan suasana berkumpul dengan keluarga. Kue merupakan salah satu sajian yang paling banyak ditunggu oleh para tamu yang hanya mampir sebentar untuk bersilaturahmi. Untuk itu para ibu biasanya sudah mencari-cari resep kue-kue istimewa untuk dibuat dan disajikan pada saat lebaran. Nah, untuk ibu yang tak memiliki oven, jangan berkecil hati karena tetap ada resep kue kukus yang bisa dibuat dengan memanfaatkan peralatan dapur yang telah ada.

Kue kering yang disajikan di hari lebaran memang umumnya merupakan kue panggang atau kue hasil oven. Dari mulai kue nastar, kastengel, putri salju dan sebagainya merupakan kue kering yang memang sangat identik dengan lebaran. Namun bukan berarti di hari kemenangan nanti ibu yang tidak memiliki oven tidak bisa membuat sendiri kreasi kue yang akan disajikan untuk para tamu. Ada resep kue yang bisa dibuat dengan cara mengukus nya di atas dandang yang pastinya sudah dimiliki oleh banyak ibu rumah tangga.

Berikut ini adalah beberapa jenis kue yang dibuat dengan cara dikukus dengan rasa yang juga enak di lidah :

  • Bolu kukus.
  • Putu ayu.
  • Brownies kukus.
  • Tiramisu kukus.
  • Cupcake kukus.
  • Dsb.

Bermacam roti kukus diatas bisa ibu sajikan untuk menyambut para tamu yang pastinya memiliki rasa tak kalah enak dari kue dengan cara mengoven. Bagi ibu yang ingin membuat roti kukus, ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan sesuai dengan peralatan yang ibu miliki yaitu :

  • Mengukus menggunakan dandang.
  • Mengukus menggunakan magic com.
  • Menggunakan panci khusus untuk kukus.

Bila ibu ingin membuat kue dalam jumlah sedikit maka menggunakan magic com atau panci kecil saja sudah bisa dilakukan asalkan jumlah air di dalam pancinya bisa digunakan hingga kue matang sempurna.

Satu lagi rahasia untuk membuat kue enak yang dikukus adalah penggunaan merk bahan untuk membuatnya. Pastikan ibu menggunakan margarin yang terpercaya yaitu Blueband untuk rasa kue yang gurih dan nikmat. Dengan margarin Blueband, kue bikinan ibu pasti akan memiliki tekstur yang lembut serta lumer di lidah. Dengan Blueband berarti ibu juga menyediakan makanan lebaran yang kaya vitamin, protein dan mineral yang baik untuk kesehatan. Pilih Blueband sebagai margarin dan campurkan pada bahan kue buatan ibu untuk rasa kue yang maksimal.

Dengan membuat kue yang dilakukan secara di kukus, ibu juga bisa menghemat pengeluaran yaitu biaya listrik. Seperti diketahui bahwa oven membutuhkan daya listrik yang cukup besar apalagi jika akan digunakan untuk membuat kue dalam jumlah banyak. Karenanya menggunakan cara pengukusan lebih dianjurkan untuk membuat sajian lebaran yang hemat dan sehat.

Sebelum membuat kue kukus, ada baiknya ibu mencari resep-resep yang diinginkan terutama dari kerabat atau teman yang sudah pernah mempraktekkan kue tersebut. Jangan sampai ibu mengambil resep baru dari internet yang bisa saja belum pernah dibuat orang kemudian menghasilkan kue yang tidak enak atau bantat. Ambillah resep dari majalah atau koran yang memiliki dapur praktek atau dapur saji sehingga resep yang diberikan memang sudah pernah dicoba dan menghasilkan rasa yang enak sesuai dengan harapan. Selamat mencoba.

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here