Kopi, tentu saja sebagian besar orang sudah begitu familiar sekali ketika mereka mendengar nama salah satu minuman ini. apalagi para pecinta kopi pun ada begitu banyak sekali diberbagai macam belahan dunia. Termasuk di Indonesia sendiri yang juga merupakan salah satu penghasil kopi terbesar didunia. Karena sekitar 60 % kopi yang ada di Indonesia ini di ekspor keluar negeri. Kopi juga merupakan salah satu minuman yang hampir setiap hari mereka konsumsi. Banyak orang yang beranggapan kalau dengan mengkonsumsi kopi maka akan semakin meningkatkan semangat lagi ketika ingin melakukan berbagai macam aktivitas setiap harinya.  Jadi wajar saja kalau namanya kopi ini selalu tersedia di hampir semua rumah. Sehingga para tamu yang datang pun biasanya akan ditawarkan kopi oleh tuan rumahnya. Selain itu juga banyak dari mereka, terutama adalah para pecinta kopi yang membeli biji kopi dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut dilakukan untuk stok mereka. sehingga tak perlu repot lagi untuk bolak-balik membeli kopi. Berikut kami akan memberikan anda informasi mengenai Tips minum kopi : 6 tips menjaga biji kopi agar tetap segar.

kopi galih

  1. Menggiling biji kopi sendiri

Tips minum kopi : 6 tips menjaga biji kopi agar tetap segar yang pertama adalah dengan menggiling biji kopi yang anda beli tersebut sendiri. Hindari untuk menggiling biji kopi di toko. Karena bisa mengurangi kualitas dari kopi tersebut. anda pun bisa membeli alat penggiling kopi yang bisa anda gunakan ketika ingin menggiling kopi. Tenang saja, saat ini pun sudah semakin banyak mesin penggiling kopi yang dijual dengan harga yang terjangkau. Jadi anda pun bisa menggiling biji kopi tersebut saat anda butuhkan saja, supaya kualitas biji kopi tersebut tetap terjaga.

  1. Simpanlah biji kopi diwadah yang kedap dengan udara’

Untuk tips yang selanjutnya supaya menjaga kesegaran dan juga kualitas dari biji kopi tersebut adalah dengan menyimpannya didalam wadah yang kedap dengan udara. Seperti didalam toples kaca yang tutupnya anda lapisi dengan karet. Karena biji kopi ini jika terkena udara maupun oksigen tentu saja akan mengurangi mutu maupun kualitasnya.

  1. Menyimpannya ditempat yang gelap

Untuk menjaga kesegaran dan kualitas dari biji kopi yang anda beli. Anda pun harus menyimpannya ditempat yang gelap dan tidak boleh langsung terkena cahaya. Karena jika anda menyimpannya ditempat yang langsung terkena cahaya matahari, maka bisa mengurangi masam simpan biji kopi tersebut. atau alternative lain anda bisa menyimpan biji kopi tersebut didalam kulkas.

  1. Memperkirakan jumlah kopi yan akan dikonsumsi

Anda juga harus memperkirakan berapa banyak jumlah kopi yang akan anda konsumsi sebelum membelinya. Seperti anda bisa membeli biji kopi yang kira-kira anda habiskan selama 3 sampai dengan 4 minggu saja. karena terlalu banyak membeli biji kopi dan menyimpannya terlalu lama juga akan mengurangi kualitas dari kopi tersebut.

  1. Perhatikan kulit biji kopi

Tips minum kopi : 6 tips menjaga biji kopi agar tetap segar yang selanjutnya yaitu dengan memperhatikan kulit yang ada pada biji kopi tersebut. karena fungsi dari kulit biji kopi tersebut agar menjaga minyak esensial yang ada pada biji kopi. Supaya kopi pun tetap terjaga mutu dan kualitasnya.

  1. Memanggang biji kopi sendiri

Anda juga bisa memanggang bji kopi itu sendiri untuk menjaga kualitasnya. Meskipun cara ini sebenarnya cukup merepotkan .

sumber (  http://www.greencoffee.co.id/ )

Kategori: Makanan