Mengenal Telur Asin Sebagai Makanan Yang Kaya Gizi

0
278

t1 - Copy

Telur merupakan hasil ternak yang mempunyai andil yang cukup besar di dalam mengatasi masalha gizi masyarakat terutama di negara Indonesia. telur yang kaya akan gizi diperlukan untuk hidup lebih sehat. Salah satu olahan telur yang banyak digemari masyarakat dan tak kalah dalam nilai jual adalah telur asin.

Dengan bahan baku yang murah dan mudah diperoleh menjadi alasan yang tidak terlalu sulit dan sangat mudah dalam membuat telur asin ini. Bahkan sekarang telur asin dibuat dengan berbagai rasa dan aroma, seperti telur asin rasa pedas, rasa jahe, rasa jeruk dan rasa rempah-rempah. Oleh karena itu selain sebagai kebutuhan nutrisi tubuh untuk keluarga ternyata telur asin juga merupakan alternatif usaha yang lumayan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Masyarakat Indonesia pada umumnya banyak mengkonsumsi telur yang berasal dari unggas yang diternakan seperti ayam, itik, dan puyuh. Adapun telur yang lainnya seperti telur penyu, merpati, kalkun dan angsa sangat kurang diminati dikarenakan belum maksimalnya angka produksi telur-telur tersebut. Untuk membuat telur asin, biasanya para produsen telur asin di Indonesia memakai jenis telur itik atau bebek. Hal ini dikarenakan produksi telur unggas tersebut yang lumayan banyak dan tidak dimanfaatkan seluas telur ayam. Selain itu bobot dan ukuran telur bebek lebih besar dibandingkan telur ayam. Juga pori-pori telur bebek ini yang lebih lebar sehingga memudahkan dalam menyerap dalam proses pengasinan.

Pengawetan dan cara pelapisan dengan menggunakan bahan-bahan tertentu serta proses pengolahan yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap kualitas dan nilai gizi telur asin yang kita buat. Karena telur asin ini akan mengalami kerusakan bila disimpan ditempat terbuka lebih dari dua minggu, maka tata letak dan cara pelapisan yang harus tepat.

t2 - Copy

Kandungan gizi  telur bebek atau itik ini hampir sama dengan telur ayam. Bagian kuning telur ini mengandung protein 17 persen lebih banyak dibandingkan dengan bagian putihnya. Selain itu protein telur mengandung hampir semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh manusia. Bukan hanya itu telur bebek ini juga mengandung vitamin A, B, D, E dan vitamin K juga beberap jenis mineral seperti zat besi, fosfor, klasium, sodium, dan magnesium. Oleh karena itu telur banyak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Untuk melihat kualitas telur yang baik maka rendamlah telur ke dalam air. Jika telur tersebut mengapung maka kualitasnya jelek dan jika terendam sempurna maka telur tersebut berkualitas baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here